RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA
KELAS
/ SEMESTER : XI / II
PROGRAM/
PROG. KEAHLIAN : -
MATA
PELAJARAN /
TEMA
: BIOLOGI
ALOKASI
WAKTU
: 5 X 45 MENIT ( 3 x PERTEMUAN )
A. STANDAR KOMPETENSI
3.
Siswa mampu
menjelaskan, menghubungkan, membedakan, mengklasifikasikan, dan
mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem gerak manusia dan kelainan yang
mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas.
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menjelaskan dan memahami keterkaitan antara struktur, fungsi rangka sebagai
penyusun sistem gerak pada manusia yang meliputi tulang dan otot.
3.2. Membedakan dan mengklasifikasikan hubungan antar tulang pada sistem gerak manusia, macam-macam
jaringan otot dan rangka manusia.
3.3.
Mengidentifikasi berbagai penyakit/gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia.
C. INDIKATOR
·
Menjelaskan fungsi
rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
·
Memahami
struktur dan fungsi tulang sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan
tepat.
·
Memahami
struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan
tepat.
·
Membedakan hubungan
antar tulang pada sistem gerak manusia dengan benar.
·
Membedakan macam-macam
jaringan otot dengan benar.
·
Mengklasifikasikan
macam-macam gerakan otot dengan benar.
·
Mengklasifikasikan
rangka manusia dengan benar.
·
Mengidentifikasi
penyakit/gangguan yang terjadi pada tulang manusia dengan tepat.
·
Mengidentifikasi
penyakit/gangguan yang terjadi pada otot manusia dengan tepat.
D. TUJUAN
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
·
Siswa dapat
memahami struktur dan fungsi tulang sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
dengan tepat.
·
Siswa dapat
memahami struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
dengan tepat.
·
Siswa dapat membedakan
hubungan antar tulang pada sistem gerak manusia dengan benar.
·
Siswa dapat membedakan
macam-macam jaringan otot dengan benar.
·
Siswa dapat
mengklasifikasikan macam-macam gerakan otot dengan benar.
·
Siswa dapat mengklasifikasikan
rangka manusia dengan benar.
·
Siswa dapat mengidentifikasi
penyakit/gangguan yang terjadi pada tulang manusia dengan tepat.
·
Siswa dapat mengidentifikasi
penyakit/gangguan yang terjadi pada otot manusia dengan tepat.
E.
ALOKASI WAKTU : 5 x 45 menit (3 x pertemuan) Jumlah pertemuan 5 x 45 menit dialokasikan untuk 3 kali pertemuan
-
Pertemuan 1 : mencapai indikator 1, 2, dan 3
-
Pertemuan 2 : mencapai indikator 4, 5, 6, dan 7
-
Pertemuan 3 : mencapai indikator 8 dan 9
A.
PENGEMBANGAN KARAKTER
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, toleransi, rasa ingin
tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, dan peduli
lingkungan.
F. MATERI PEMBELAJARAN
SISTEM GERAK MANUSIA
Baik disadari maupun tidak, tubuh kita selalu melakukan
gerak. Bahkan seseorang yang memiliki ketidaksempurnaan alat gerak pun tetap
melakukan gerak. Saat kita tersenyum, mengedipkan mata, atau bernapas
sesungguhnya telah terjadi gerak yang disebabkan oleh kontraksi otot.
Gerak tidak terjadi begitu saja. Gerak terjadi melalui
mekanisme yang rumit dan melibatkan banyak bagian tubuh. Dalam bab ini kamu
akan mempelajari komoponen apa saja yang berperan dalam proses gerak serta
bagaimana gerak terjadi.
1.
Tulang
Tulang mempunyai peranan penting
karena gerak tidak akan terjadi tanpa tulang. Di dalam tubuh kita ada dua macam
tulang berdasarkan jaringan penyusun dan sifat-sifat fisiknya, yaitu tulang
rawan (kartilago) dan tulang (osteon). Pembentukan tulang terjadi
setelah terbentuk tulang rawan (katilago). Berdasarkan bentuknya terdapat tiga
macam bentuk utama tulang yang menyusun rangka tubuh, yaitu tulang pipa, tukang
pipih, dan tulang pendek. Selain itu, ada pula tulang tak terbentuk. Fungsi
tulang selain menyusun rangka yaitu :
a. Member bentuk tubuh
b. Melindungi alat tubuh yang vital
c. Menahan dan menegakkan tubuh
d. Tempat perlekatan otot
e. Tempat menyimpan mineral terutama
kalsium dan fosfor
f. Tempat pembentukan sel darah
g. Tempat menyimpan energy, yaitu
berupa lemak yang tersimpan di sumsum kuning tulang.
Hubungan antar tulang ada 3 jenis
yaitu : sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Tulang-tulang dalam tubuh
membentuk sistem rangka. Kemudian sistem rangka ini bersama-sama menyusun
kerangka tubuh. Secara garis besar, rangka manusia dibagi menjadi dua, yaitu
rangka aksial (sumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh).
2. Otot
Otot merupakan alat gerak aktif
karena kemampuannya berkontraksi. Otot memendek jika sedang berkontraksi dan
memanjang jika sedang berelaksasi. Berdasarkan bentuk morfologi, sistem kerja,
dan lokasinya dalam tubuh, otot dibedakan menjadi tiga, yaitu otot lurik, otot
polos, dan otot jantung. Otot dapat berkontraksi karena adanya rangsangan.
Umunya otot berkontraksi bukan karena satu rangsangan, melainkan karena suatu
rangsangan yang berurutan.rangsangan kedua memperkuat rengsangan pertama dan
rangsangan ketiga memperkuat rangsangan kedua. Dengan demikian terjadilah
ketegangan atau tonus yang maksimum. Tonus yang maksimum terus-menerus disebut
tetanus. Macam-macam gerakan otot ataupun sifat kerja otot dibedakan menjadi
dua yaitu antagonis dan sinergis.
3. Kelainan pada sistem gerak manusia
a. Fraktura f.
Osteoporosis
b. Arthritis ` g. Tetanus
c. Lordosis h. Hipertropi
otot
d. Kifosis i. Hernia abdominal
e. Skoliosis j. Fibriosis
G. METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1. Model Pembelajaran
: Langsung (dengan torso) dan gambar-gambar tulang dan otot
2. Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Presentasi
c.
Tanya jawab
d.
Hafalan
Pertemuan kedua
1.
Model Pembelajaran : Langsung dan Model Pembelajaran
menggunakan media (Video, Power point).
2.
Metode Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Presentasi
c.
Tanya jawab
d.
Menyimpulkan
Pertemuan ketiga
1.
Model Pembelajaran : Langsung, menggunakan media (Video,
Power point) dan demonstrasi.
2.
Model Pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Demonstrasi
c.
Presentasi
d.
Tanya jawab
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apakah yang
dimaksud tulang?)
dan menunujukan gambar kerangka manusia
serta menunjuk bagian tulang dan siswa memberikan jawaban nama tulang tersebut.
Menggunakan permainan dengan sing stik, ketika nyanyi selesai yang dapat stik
akan menjawab pertanyaannya.
·
Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2.
Kegiatan inti ( 70 menit )
·
Eksplorasi (25 menit)
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan
sesuai dengan indikator.
·
Elaborasi (35 menit)
-
Guru menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi
yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
Diskusi tersebut menggunakan metode snowball
trowling dengan dibagi 5 kelompok
-
Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi
devisi dan mengecek lembar observasi.
·
Konfirmasi (10 menit)
-
Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi secara klasikal.
-
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak
diketahui siswa.
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada
indikator atau tujuan.
·
Guru menugaskan siswa untuk menghafalkan rangka manusia.
Pertemuan kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apa yang
dimaksud dengan persendian?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran
di papan tulis
·
Guru membacakan topik pembelajarannya
2. Kegiatan inti ( 70 menit )
·
Eksplorasi (15 menit)
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan
sesuai dengan indikator.
·
Elaborasi (45 menit).
-
Guru menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan
sesuai skenario yang telah disiapkan.
-
Guru memastikan siswa memperhatikan demontrasi dan
menganalisisnya
-
Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi
devisi dan mengecek lembar observasi.
·
Konfirmasi (10 menit)
-
Guru menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasikan
hasil demonstrasi secara klasikal.
-
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak
diketahui siswa.
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan
semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·
Guru memberikan evaluasi.
Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru melakukan apresiasi dan
motifasi siswa (bagaimana struktur otot?)
·
Guru menuliskan topik pembelajaran
di papan tulis
·
Guru membacakan topik
pembelajarannya
3.
Kegiatan inti ( 30 menit )
·
Eksplorasi (5 menit)
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan
sesuai dengan indikator.
·
Elaborasi (45 menit)
-
Guru membagi siswa menjadi 5
kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang.
-
Guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan
materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
-
Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi
devisi dan mengecek lembar observasi.
·
Konfirmasi (10 menit)
-
Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi secara klasikal.
-
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak
diketahui siswa.
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
·
Guru membimbing siswa menyimpulkan
semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.
I. SUMBER PEMBELAJARAN
-
Buku Biologi SMA XI,
Endan Sri Lestari, dkk, Putra Nugraha, Bab III
-
LKS
Biologi SMA XI, Sawaldi, dkk, CV Shindhunata, Bab IV
J.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Tehnik penilaian pada saat proses diskusi yaitu dengan mengikuti poin-poin yang
mencakup nilai kognitif, afektif, serta psikomotor
1.
Jenis tugas evaluasi : tertulis esay
2.
Alat penilaian : soal
a.
Proses
·
Lembar observasi
Hari/ Tanggal
:
Aspek
yang dinilai
|
NILAI
|
|||||||||||
NO
|
NAMA
SISWA
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
||||||||
KB
|
KM
|
KMn
|
KK
|
D
|
S
|
A
|
So
|
Trtb
|
Keb
|
|||
1.
|
A
|
|||||||||||
2.
|
B
|
|||||||||||
3.
|
C
|
|||||||||||
4.
|
D
|
|||||||||||
5.
|
E
|
|||||||||||
6.
|
F
|
Kelas/Semester
: XI / 2
KETERANGAN :
KB :
kemampuan bertanya
S : sikap
KM :
kemampuan menjawab A
: aktif
KMn : kemampuan
menerima D
: disiplin
KK :
kemampuan kerja sama
PENILAIAN HASIL
BELAJAR
(Evaluasi Akhir/Ulangan
Bab)
(1) Tehnik : Tes
Ragam : Tes
tertulis – Pilihan ganda + uraian
(2) Butir soal :
1. Sendi yang memungkinkan gerak ke
segala arah adalah . . .
a. Sendi putar
b. Sendi engsel
c. Sendiri peluru
d. Sendi kejat
2. Tulang-tulang berikut ini yang bukan
termasuk tulang penyusun tengkorak adalah…
a. Tulang dahi b. Tulang
pelipis
c. Tulang belikat d. Tulang
rahang atas
3. Tulang kelangkang manusia terdiri
dari ruas-ruas yang jumlahnya . . .
a. 4 ruas
b. 6 ruas
c. 5 ruas
d. 7 usus
4. Berikut ini merupakan sifat-sifat
dari otot jantung, kecuali….
a. bekerja tidak dipengaruhi system
syaraf pusat
b. mempunyai sati inti sel ditengah
c. pada ujung bagian selnya bercabang
d. mempunyai serat otot memanjang dan
melintang
5. Urat otot yang melekat pada tulang
yang bergerak ketika otot berkontraksi dinamakan . . .
a. Tendon
c. Insersio
b. Artikulasi
d. Osifikasi
6. Sumber energy yang langsung
digunakan untuk kontraksi otot adalah….
a. ATP c. asam laktat
b. Kreatin fosfat d. glikogen
7. Berikut ini yang bukan merupakan
fungsi system rangka adalah
a. Menghasilkan sel-sel darah c. melindungi organ dalam tubuh
b. Menyimpan lemak d. sebagai alat gerak aktif
8. Impuls dari dalam atau luar untuk
kontraksi otot diterima oleh . . .
a. Asetilkolin
c. Sarkoplasma
b.Miofibril
d. Aktomiosin
9. Sistem gerak yang dilakukan oleh
tulang manusia disebut . . .
a. Sendi b. Alat gerak pasif
c.Ligamentum d. Alat gerak aktif
10. Berikut ini yang merupakan gangguan
yang terjadi pada tulang, kecuali…
a. Nekrosa c. ankilosis
b. Rakitis d. osteosarkoma
Essay
1. Sebutkan 3 fungsi tulang?
2. Tuliskan tiga dari lima jenis tulang
beserta contoh tulangnya!
3. Sebutkan dan jelaskan hubungan antar
tulang!
4. Sebutkan dan jelaskan 3 macam otot!
5. Sebutkanlah masing-masing dua contoh
kelainan yang terjadi pada tulang dan otot!
Man's Titanium Braided Double-Edge Safety Razor - Titanium
BalasHapusThe Men's Titanium Braided Double titanium suppressor Edge titanium helix earrings Safety Razor is crafted titanium engagement rings with titanium nitride coating service near me the same high quality stainless steel as their original, with no titanium daith jewelry wadings. The