Jumat, 06 November 2015

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN                             :  SMA
KELAS / SEMESTER                                   :  XI / II
PROGRAM/ PROG. KEAHLIAN               :  -
MATA PELAJARAN / TEMA                      :  BIOLOGI
ALOKASI WAKTU                                      5 X 45 MENIT ( 3 x PERTEMUAN )

A.    STANDAR KOMPETENSI
3.      Siswa mampu menjelaskan, menghubungkan, membedakan, mengklasifikasikan, dan mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem gerak manusia dan kelainan yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.1. Menjelaskan dan memahami keterkaitan antara struktur, fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia yang meliputi tulang dan otot.
3.2. Membedakan dan mengklasifikasikan hubungan antar tulang pada sistem gerak manusia, macam-macam jaringan otot dan rangka manusia.
3.3. Mengidentifikasi berbagai penyakit/gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia.

C.     INDIKATOR
·  Menjelaskan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
· Memahami struktur dan fungsi tulang sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
· Memahami struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
· Membedakan hubungan antar tulang pada sistem gerak manusia dengan benar.
· Membedakan macam-macam jaringan otot dengan benar.
· Mengklasifikasikan macam-macam gerakan otot dengan benar.
·  Mengklasifikasikan rangka manusia dengan benar.
· Mengidentifikasi penyakit/gangguan yang terjadi pada tulang manusia dengan tepat.
· Mengidentifikasi penyakit/gangguan yang terjadi pada otot manusia dengan tepat.

D.    TUJUAN
·  Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
·  Siswa dapat memahami struktur dan fungsi tulang sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
·  Siswa dapat memahami struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia dengan tepat.
·  Siswa dapat membedakan hubungan antar tulang pada sistem gerak manusia dengan benar.
·  Siswa dapat membedakan macam-macam jaringan otot dengan benar.
·  Siswa dapat mengklasifikasikan macam-macam gerakan otot dengan benar.
·  Siswa dapat mengklasifikasikan rangka manusia dengan benar.
·  Siswa dapat mengidentifikasi penyakit/gangguan yang terjadi pada tulang manusia dengan tepat.
·  Siswa dapat mengidentifikasi penyakit/gangguan yang terjadi pada otot manusia dengan tepat.
                                          
E.     ALOKASI WAKTU  : 5 x 45 menit (3 x pertemuan) Jumlah pertemuan 5 x 45 menit dialokasikan untuk 3 kali pertemuan
-          Pertemuan 1 : mencapai indikator 1, 2, dan 3
-          Pertemuan 2 : mencapai indikator 4, 5, 6, dan 7
-          Pertemuan 3 : mencapai indikator 8 dan 9

A.    PENGEMBANGAN KARAKTER
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, dan peduli lingkungan.


F.       MATERI PEMBELAJARAN

SISTEM GERAK MANUSIA

Baik disadari maupun tidak, tubuh kita selalu melakukan gerak. Bahkan seseorang yang memiliki ketidaksempurnaan alat gerak pun tetap melakukan gerak. Saat kita tersenyum, mengedipkan mata, atau bernapas sesungguhnya telah terjadi gerak yang disebabkan oleh kontraksi otot.
Gerak tidak terjadi begitu saja. Gerak terjadi melalui mekanisme yang rumit dan melibatkan banyak bagian tubuh. Dalam bab ini kamu akan mempelajari komoponen apa saja yang berperan dalam proses gerak serta bagaimana gerak terjadi.
1.      Tulang
            Tulang mempunyai peranan penting karena gerak tidak akan terjadi tanpa tulang. Di dalam tubuh kita ada dua macam tulang berdasarkan jaringan penyusun dan sifat-sifat fisiknya, yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang (osteon). Pembentukan tulang terjadi setelah terbentuk tulang rawan (katilago). Berdasarkan bentuknya terdapat tiga macam bentuk utama tulang yang menyusun rangka tubuh, yaitu tulang pipa, tukang pipih, dan tulang pendek. Selain itu, ada pula tulang tak terbentuk. Fungsi tulang selain menyusun rangka yaitu :
a.       Member bentuk tubuh
b.      Melindungi alat tubuh yang vital
c.       Menahan dan menegakkan tubuh
d.      Tempat perlekatan otot
e.       Tempat menyimpan mineral terutama kalsium dan fosfor
f.       Tempat pembentukan sel darah
g.      Tempat menyimpan energy, yaitu berupa lemak yang tersimpan di sumsum kuning tulang.
            Hubungan antar tulang ada 3 jenis yaitu : sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Tulang-tulang dalam tubuh membentuk sistem rangka. Kemudian sistem rangka ini bersama-sama menyusun kerangka tubuh. Secara garis besar, rangka manusia dibagi menjadi dua, yaitu rangka aksial (sumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh).

2.      Otot
            Otot merupakan alat gerak aktif karena kemampuannya berkontraksi. Otot memendek jika sedang berkontraksi dan memanjang jika sedang berelaksasi. Berdasarkan bentuk morfologi, sistem kerja, dan lokasinya dalam tubuh, otot dibedakan menjadi tiga, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Otot dapat berkontraksi karena adanya rangsangan. Umunya otot berkontraksi bukan karena satu rangsangan, melainkan karena suatu rangsangan yang berurutan.rangsangan kedua memperkuat rengsangan pertama dan rangsangan ketiga memperkuat rangsangan kedua. Dengan demikian terjadilah ketegangan atau tonus yang maksimum. Tonus yang maksimum terus-menerus disebut tetanus. Macam-macam gerakan otot ataupun sifat kerja otot dibedakan menjadi dua yaitu antagonis dan sinergis.

3.      Kelainan pada sistem gerak manusia
a.       Fraktura                 f. Osteoporosis
b.      Arthritis     `           g. Tetanus
c.       Lordosis                h. Hipertropi otot
d.       Kifosis                  i. Hernia abdominal
e.       Skoliosis                j. Fibriosis


G.    METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.      Model Pembelajaran   :  Langsung (dengan torso) dan gambar-gambar tulang dan otot
2.      Metode Pembelajaran : 
a.          Ceramah
b.         Presentasi
c.          Tanya jawab
d.         Hafalan

Pertemuan kedua
1.        Model Pembelajaran  : Langsung dan Model Pembelajaran menggunakan media (Video, Power point).
2.        Metode Pembelajaran :
a.          Ceramah
b.         Presentasi
c.          Tanya jawab
d.         Menyimpulkan

Pertemuan ketiga
1.        Model Pembelajaran : Langsung, menggunakan media (Video, Power point) dan demonstrasi.
2.        Model Pembelajaran :
a.          Ceramah
b.         Demonstrasi
c.          Presentasi
d.         Tanya jawab


H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·           Guru mengabsen siswa
·           Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apakah yang dimaksud tulang?)
dan menunujukan gambar kerangka manusia serta menunjuk bagian tulang dan siswa memberikan jawaban nama tulang tersebut. Menggunakan permainan dengan sing stik, ketika nyanyi selesai yang dapat stik akan menjawab pertanyaannya.
·           Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·           Guru membacakan topik pembelajarannya



2.        Kegiatan inti ( 70 menit )
·           Eksplorasi (25 menit)
-          Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
·           Elaborasi (35 menit)
-          Guru menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
Diskusi tersebut menggunakan metode snowball trowling dengan dibagi 5 kelompok
-          Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
·           Konfirmasi (10 menit)
-          Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
-          Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.

3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·           Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·           Guru menugaskan siswa untuk menghafalkan rangka manusia.


Pertemuan kedua
1.         Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·           Guru mengabsen siswa
·           Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apa yang dimaksud dengan persendian?)
·            Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·           Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 70 menit )
·            Eksplorasi (15 menit)
-          Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
·         Elaborasi (45 menit).
-          Guru menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
-          Guru memastikan siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisisnya
-          Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
·         Konfirmasi (10 menit)
-          Guru menugaskan salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil demonstrasi secara klasikal.
-          Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.

3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.
·         Guru memberikan evaluasi.

Pertemuan ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (bagaimana struktur otot?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

3.      Kegiatan inti ( 30 menit )
·         Eksplorasi (5 menit)
-          Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
·         Elaborasi (45 menit)
-           Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang.
-          Guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
-          Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
·         Konfirmasi (10 menit)
-          Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
-          Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.

3.      Kegiatan Akhir ( 5 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.


I.       SUMBER PEMBELAJARAN
-          Buku Biologi SMA XI, Endan Sri Lestari, dkk, Putra Nugraha, Bab III
-          LKS Biologi SMA XI, Sawaldi, dkk, CV Shindhunata, Bab IV

J.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

            Tehnik penilaian pada saat proses diskusi yaitu dengan mengikuti poin-poin yang mencakup nilai kognitif, afektif, serta psikomotor
1.       Jenis tugas evaluasi : tertulis esay
2.       Alat penilaian : soal

a.       Proses
·         Lembar observasi
Hari/ Tanggal         :



Aspek yang dinilai
NILAI
NO
NAMA SISWA
Kognitif
Afektif
Psikomotor



KB
KM
KMn
KK
D
S
A
So
Trtb
Keb
1.
A











2.
B











3.
C











4.
D











5.
E











6.
F











Kelas/Semester      : XI / 2

KETERANGAN :
KB      : kemampuan bertanya                        S          : sikap
KM      : kemampuan menjawab                    A         : aktif
KMn    : kemampuan menerima                      D         : disiplin                  
KK      : kemampuan kerja sama                    








PENILAIAN HASIL BELAJAR
(Evaluasi Akhir/Ulangan Bab)
(1)  Tehnik     : Tes
       Ragam     : Tes tertulis – Pilihan ganda + uraian

(2)  Butir soal :
1.      Sendi yang memungkinkan gerak ke segala arah adalah  . . .
            a. Sendi putar                                      b. Sendi engsel
            c. Sendiri peluru                                  d. Sendi kejat
2.      Tulang-tulang berikut ini yang bukan termasuk tulang penyusun tengkorak adalah…
a. Tulang dahi                                     b. Tulang pelipis
c. Tulang belikat                                  d. Tulang rahang atas
3.      Tulang kelangkang manusia terdiri dari ruas-ruas yang jumlahnya . . .
            a. 4 ruas                                               b. 6 ruas
            c. 5 ruas                                               d. 7 usus
4.      Berikut ini merupakan sifat-sifat dari otot jantung, kecuali….
a.       bekerja tidak dipengaruhi system syaraf pusat
b.      mempunyai sati inti sel ditengah
c.       pada ujung bagian selnya bercabang
d.      mempunyai serat otot memanjang dan melintang
5.      Urat otot yang melekat pada tulang yang bergerak ketika otot berkontraksi dinamakan . . .
            a. Tendon                                            c. Insersio
            b. Artikulasi                                        d. Osifikasi
6.      Sumber energy yang langsung digunakan untuk kontraksi otot adalah….
a.       ATP                                               c. asam laktat
b.      Kreatin fosfat                                d. glikogen
7.      Berikut ini yang bukan merupakan fungsi system rangka adalah
a.       Menghasilkan sel-sel darah           c. melindungi organ dalam tubuh
b.      Menyimpan lemak             d. sebagai alat gerak aktif
8.      Impuls dari dalam atau luar untuk kontraksi otot diterima oleh . . .
 a. Asetilkolin                                       c. Sarkoplasma
b.Miofibril                                           d. Aktomiosin
9.      Sistem gerak yang dilakukan oleh tulang manusia disebut . . .
 a. Sendi                                              b. Alat gerak pasif
 c.Ligamentum                                    d. Alat gerak aktif
10.  Berikut ini yang merupakan gangguan yang terjadi pada tulang, kecuali…
a.       Nekrosa                                         c. ankilosis
b.      Rakitis                                           d. osteosarkoma


Essay
1.      Sebutkan 3 fungsi tulang?
2.      Tuliskan tiga dari lima jenis tulang beserta contoh tulangnya!
3.      Sebutkan dan jelaskan hubungan antar tulang!
4.      Sebutkan dan jelaskan 3 macam otot!
5.      Sebutkanlah masing-masing dua contoh kelainan yang terjadi pada tulang dan otot!


1 komentar:

  1. Man's Titanium Braided Double-Edge Safety Razor - Titanium
    The Men's Titanium Braided Double titanium suppressor Edge titanium helix earrings Safety Razor is crafted titanium engagement rings with titanium nitride coating service near me the same high quality stainless steel as their original, with no titanium daith jewelry wadings. The

    BalasHapus