Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA
Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II
Tahun Ajaran 2013/2014
A.
Latar
Belakang
Pelaksanaan praktikum biologi
merupakan salah satu
realisasi program ke
dalam bentuk proses pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk
mengevaluasi proses pelaksanaan
praktikum biologi kelas
XI SMA se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta semester II tahun ajaran
2013/2014.
Jenis penelitian
adalah penelitian evaluasi.
Subjek penelitian ini adalah
kepala sekolah, wakil
kepala sekolah urusan sarana dan prasarana, guru biologi kelas XI,
laboran dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data dengan
cara wawancara, observasi,
kuisioner, dan dokumentasi dengan instrumen
penelitian berupa lembar
observasi, pedoman wawancara, angket, dan lembar pencermatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. Perencanaan praktikum yang dilakukan guru dan laboran SMA se-Kecamatan
Umbulharjo Yogyakarta sudah baik, kesiapan siswa dengan presentase paling
tinggi sebesar 62, 88% termasuk kategori baik, serta kesiapan sarana dan
prasarana laboratorium termasuk dalam kriteria baik dengan presentase sebesar
92,65%. 2. Proses praktikum biologi
kelas XI sudah berjalan dengan baik sudah terlihat
adanya kerjasama antara
guru, laboran, dan
siswa. Pada aspek
kegiatan praktikum yang dilakukan siswa
didapatkan presentase paling
tinggi sebesar 66,66%.
3. Hasil penilaian
praktikum biologi siswa kelas XI
di SMA se-Kecamatan Umbuharjo Yogyakarta hanya diambil dari aspek kognitif.
B.
Metode
Penelitian
Jenis penelitian ini adalah
penelitian evaluasi yaitu mengungkapkan
gejala-gejala yang ada
pada saat penelitian berlangsung. Penelitian
ini dilaksanakan dilaboratorium Biologi
SMA Negeri 8
Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 2
Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan April sampai
dengan dengan Mei 2014.Subjek
penelitian yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah
bagian sarana dan
prasarana, gurubiologi kelas
XI, laboran, dan
siswa kelas XI
IPA. Objek penelitian yang
diteliti adalah pelaksanaan praktikum biologi.
Sampel penelitian ini
adalah 2 sekolah yang
masih melaksanakan kegiatan
praktikum biologi di semester
II tahun ajaran
2014/2015 yaitu SMA Negeri
8 Yogyakarta dan
1 SMA dan
SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Purposive Random Sampling.
Instrumen penelitian berupa: pedoman
wawancara, lembar pencermatan digunakan untuk
mencermati dokumen berupa hasil
nilai praktikum biologi,
lembar observasi dengan teknik
observasi untuk mengamati kegiatan pelaksanaan praktikum biologi yang berlangsung di laboratorium. Data
dari hasil observasi, angket dan
dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dengan cara membandingkan rerata perolehan
skor empiris pada tiap variabel yang diukur dengan kriteriapenilaian
yang telah ditentukan.
C.
Hasil
dan Pembahasan
Pembelajaran biologi di
SMA sebaiknya dilaksanakan secara
inquiri ilmiah (scientific
inquiry) karena hakikat dari
pelajaran biologi adalah
produk, proses, sikap, dan
teknologi.Sehingga
pembelajaran biologi tidak lepas
dari kegiatan praktikum.
Kegiatan praktikum hendaknya dilaksanakan di laboratorium yang didukung oleh
sumber daya manusia
dan sarana prasarana laboratorium.
Persiapan pelaksanaan praktikum
biologi dilihat dari persiapan guru, laboran, siswa, serta keadaan sarana dan prasarana laboratorium biologi.
Persiapan dari keempat aspek tersebut akan mempengaruhi
berjalannya kegiatan praktikum di laboratorium.
Persiapan guru
biologi di kedua
SMA Kecamatan Umbulharjo
Yogyakarta sudah baik, hal ini dapat diketahui dari
hasil penelitian bahwa guru
telah mempersiapkan buku
petunjuk praktikum beserta
lembar kerja siswa (LKS),
jadwal praktikum biologi,
tata tertib praktikum. Namun
guru belum menyiapkan
soalpretest maupun posttestkarena pada umumnya di SMA pelaksanaan
praktikum biologi terintegrasi dengan jam pelajaran sehingga waktunya kurang
serta tidak diwajibkan untuk mengadakan pretest
maupun posttest. Akan tetapi menurut kepala
sekolah SMA Muhammadiyah 2
Yogyakarta ada kalanya perlu
dilaksanakan posttest guna
untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep materi biologi
setelah kegiatan praktikum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar