Jumat, 06 November 2015

artikel 3

Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA
Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II
Tahun Ajaran 2013/2014
A.    Latar Belakang
Pelaksanaan     praktikum    biologi   merupakan     salah  satu  realisasi  program    ke  dalam    bentuk   proses pembelajaran.   Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengevaluasi   proses   pelaksanaan   praktikum   biologi   kelas   XI SMA se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta semester II tahun ajaran 2013/2014.
Jenis   penelitian   adalah   penelitian   evaluasi.   Subjek   penelitian   ini adalah   kepala   sekolah,   wakil   kepala sekolah urusan sarana dan prasarana, guru biologi kelas XI, laboran dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data   dengan   cara   wawancara,   observasi,   kuisioner,   dan   dokumentasi dengan   instrumen   penelitian   berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket, dan lembar pencermatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan praktikum yang dilakukan guru dan laboran SMA se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta sudah baik, kesiapan siswa dengan presentase paling tinggi sebesar 62, 88% termasuk kategori baik, serta kesiapan sarana dan prasarana laboratorium termasuk dalam kriteria baik dengan presentase sebesar 92,65%. 2. Proses praktikum biologi  kelas XI sudah berjalan dengan baik sudah    terlihat  adanya  kerjasama   antara  guru,  laboran,   dan  siswa.  Pada   aspek  kegiatan   praktikum    yang dilakukan   siswa   didapatkan   presentase   paling   tinggi   sebesar   66,66%.   3.   Hasil   penilaian   praktikum   biologi siswa kelas XI di SMA se-Kecamatan Umbuharjo Yogyakarta hanya diambil dari aspek kognitif.
B.     Metode Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi yaitu mengungkapkan   gejala-gejala    yang    ada    pada    saat penelitian   berlangsung.   Penelitian   ini   dilaksanakan   dilaboratorium   Biologi   SMA   Negeri   8   Yogyakarta   dan SMA      Muhammadiyah          2  Yogyakarta.     Penelitian    ini dilaksanakan   pada   bulan   April   sampai   dengan   dengan Mei 2014.Subjek penelitian yakni kepala sekolah, wakil kepala     sekolah    bagian    sarana   dan    prasarana,    gurubiologi   kelas   XI,   laboran,   dan   siswa    kelas   XI   IPA. Objek      penelitian    yang    diteliti  adalah    pelaksanaan praktikum      biologi.   Sampel     penelitian    ini  adalah   2 sekolah   yang   masih   melaksanakan   kegiatan   praktikum biologi    di  semester    II  tahun  ajaran   2014/2015     yaitu SMA      Negeri    8  Yogyakarta      dan   1  SMA     dan   SMA Muhammadiyah   2   Yogyakarta.   Teknik   sampling   yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Random Sampling.
Instrumen penelitian berupa: pedoman wawancara, lembar      pencermatan      digunakan      untuk    mencermati dokumen   berupa   hasil   nilai   praktikum   biologi,   lembar observasi     dengan    teknik   observasi    untuk   mengamati kegiatan       pelaksanaan       praktikum       biologi     yang berlangsung di laboratorium. Data dari hasil observasi, angket     dan    dianalisis    secara   deskriptif    kuantitatif dengan      cara  membandingkan         rerata   perolehan    skor empiris pada tiap variabel yang diukur dengan kriteriapenilaian yang telah ditentukan.
C.     Hasil dan Pembahasan
Pembelajaran          biologi      di    SMA        sebaiknya dilaksanakan      secara   inquiri  ilmiah   (scientific  inquiry) karena     hakikat   dari  pelajaran    biologi   adalah   produk, proses,    sikap,   dan   teknologi.Sehingga       pembelajaran biologi    tidak  lepas   dari  kegiatan   praktikum.    Kegiatan praktikum hendaknya dilaksanakan di laboratorium yang didukung       oleh     sumber     daya    manusia    dan    sarana prasarana     laboratorium.
Persiapan pelaksanaan praktikum biologi dilihat dari persiapan guru, laboran, siswa, serta keadaan sarana dan prasarana   laboratorium   biologi.   Persiapan   dari   keempat aspek tersebut akan mempengaruhi berjalannya kegiatan praktikum di laboratorium.
Persiapan   guru   biologi   di   kedua   SMA   Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta sudah baik, hal ini dapat diketahui    dari  hasil penelitian    bahwa     guru   telah  mempersiapkan   buku   petunjuk   praktikum   beserta   lembar   kerja siswa     (LKS),    jadwal    praktikum     biologi,   tata   tertib praktikum. Namun guru belum menyiapkan                soalpretest maupun posttestkarena pada umumnya di SMA pelaksanaan praktikum biologi terintegrasi dengan jam pelajaran sehingga waktunya kurang serta tidak diwajibkan untuk mengadakan pretest  maupun posttest.  Akan tetapi menurut  kepala   sekolah  SMA   Muhammadiyah   2   Yogyakarta ada    kalanya    perlu   dilaksanakan    posttest   guna    untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep materi biologi setelah kegiatan praktikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar