JAWABAN SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Disusun untuk
memenuhi Tugas Mandiri
Mata Kuliah :
Pembelajaran Komputer dan Internet
Dosen Pengampu
: Ipin Aripin, M.Pd
Di Susun Oleh:
SITI MAEMUNAH
14121620646
BIOLOGI C/VII
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2015
1.
Jelaskan
bagaimana tahapan desain bahan ajar multimedia menurut model:
a.
ADDIE
b.
ASSURE
Jawaban
a.
Desain bahan ajar menurut model ADDIE
Desain
pembelajaran model ADDIE sendiri merupakan salah satu model desain system
pembelajaran yang memperlihatkan langkah-langkah ynag dasar dalam sistem
pembelajaran yang sederhana dan mudah dipelajari. Dimana model
pembelajaran ini memiliki 5 tahapan./ fase utama diataranya:
1)
Analisis
Analisis sendiri merupakan langkah pertama dari model desain sistem
pembelajaran ADDIE. Dimana langkah dalam tahapan analisis terdiri darii
dua tahap yaitu analisis kinerja dan analisis kebutuhan. Analisis kinerja
dilakukan untuk mengetahui dan mengklarifikasi apakah masalah kinerja yang
dihadapi memerlukan solusi berupa penyelenggaraan program pembelajaran atau
perbaikan manajemen. Misalnya dalam rendahnya motivasi belajar siswa yang
perlu dianalisis dan mendapatkan perbaikan kualitas yang lebih baik.
Disamping itu, Analisis kebutuhan merupakan langkah yang diperlukan
untuk menentukan kemampuan-kemampuan atau kompetensi yang perlu dipelajari oleh
siswa untuk meningkatkan kinerja atau prestasi belajar. Pada saat seorang
perancang program pembelajaran melakukan tahap analisis, ada dua
pertanyaan kunci yang yang harus dicari jawabannya, yaitu apakah tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan, dibutuhkan oleh siswa dan dapat
dicapai oleh siswa. Selain itu juga mencakup analisis lainnya yaitu analisis
tugas, dan tipe belajar siswa yang terdiri atas auditori, visual, dan
kinestetik.
2)
Desain
Desain/ perancangan dalam model ADDIE mencakup perancangan atau
desain kerangka isi pembelajaran, dan merumuskan tujuan pembelajaran SMAR
(spesifik, dapat diukur, dapat diterapkan, dan realistik). Terdapat
langkah-langkah yang harus dilakukan dalam desain/rancangan, dimana langkah ini
merupakan Inti dari langkah analisis karena mempelajari masalah kemudian
menemukan alternatif solusinya yang berhasil diidentifikasi melalui langkah
analisis kebutuhan. Langkah penting yang perlu dilakukan untuk, menentukan
pengalaman belajar yang perlu dimilki oleh siswa selama mengikuti
aktivitas pembelajaran, dan langkah yang harus mampu menjawab pertanyaan,
misalnya apakah program pembelajaran dapat mengatasi masalah kesenjangan
kemampuan siswa.
3)
Pengembangan
Pengembangan merupakan langkah ketiga dalam mengimplementasikan
model desain sistem pembelajaran ADDIE. Langkah pengembangan meliputi kegiatan membuat, membeli, dan memodifikasi bahan ajar. Dengan kata
lain mencakup kegiatan memilih, menentukan metode, media serta strategi
pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan materi atau
substansi program. Dalam melakukan langkah pengembangan, ada dua tujuan
penting yang perlu dicapai. Antara lain adalah memproduksi, membeli, atau
merevisi bahan ajar yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
telah dirumuskan sebelumnya, dan memilih media atau kombinasi media terbaik
yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4)
Implementasi
Implementasi atau penyampaian materi pembelajaran merupakan langkah
keempat dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Terdapat tujuan utama dari
tahapan ini antara lain untuk membimbing siswa untuk mencapai tujuan atau
kompetensi, menjamin terjadinya pemecahan masalah untuk mengatasi kesenjangan
hasil belajar yang dihadapi oleh siswa, dan memastikan bahwa pada akhir program
pembelajaran dimana siswa perlu memilki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap
yang diperlukan. Tahapan implementasi mencakup penerapan bahan ajar, uji
coba pemanfaatan produk, membimbing siswa mencapai tujuan, problem solving
terhadap masalah, dan siswa mampu mencapai kompetensi.
5)
Evaluasi
Evaluasi merupakan langkah terakhir dari model desain sistem
pembelajaran ADDIE. Evaluasi sendiri yaitu proses yang dilakukan untuk
memberikan nilai terhadap program pembelajaran. Evaluasi terhadap program pembelajaran bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu
sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, peningkatan
kompetensi dalam diri siswa, yang merupakan dampak dari keikutsertaan dalam
program pembelajaran, dan keuntungan yang dirasakan oleh sekolah akibat adanya
peningkatan kompetensi siswa setelah mengikuti program pembelajaran.
Evaluasi dapat dilakukan terhadap penggunaan media, pengguna media, dan situasi
pembelajaran dengan cara observasi, interview, dan angket.
b.
Desain bahan ajar menurut model ASSURE
Model ASSURE
merupakan suatu model yang merupakan sebuah formulasi untuk Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) atau disebut juga model berorientasi kelas. Menurut Heinich et
al (2005) model ini terdiri atas enam langkah kegiatan diantaranya Analyze
Learners (analisis pelajar), States Objectives (Menyatakan Tujuan), Select
Methods, Media, and Material (Pemilihan Metode, Media dan Bahan), Utilize Media
and materials (Penggunaan Media dan bahan), Require Learner Participation
(Partisipasi Pelajar di dalam kelas), dan Evaluate and Revise (Penilaian dan
Revisi).
1)
Analisis Pelajar
Menurut Heinich et al (2005) jika sebuah media
pembelajaran akan digunakan secara baik dan disesuaikan dengan cirri-ciri
belajar, isi dari pelajaran yang akan dibuatkan medianya, media dan bahan
pelajaran itu sendiri. Lebih lanjut Heinich, 2005 menyatakan sukar untuk
menganalisis semua cirri pelajar yang ada, namun ada tiga hal penting dapat
dilakuan untuk mengenal pelajar sesuai .berdasarkan cirri-ciri umum,
keterampilan awal khusus dan gaya belajar.
2)
Menyatakan Tujuan
Menyatakan tujuan adalah tahapan ketika menentukan
tujuan pembeljaran baik berdasarkan buku atau kurikulum. Tujuan
pembelajaran akan menginformasikan apakah yang sudah dipelajari anak dari
pengajaran yang dijalankan. Menyatakan tujuan harus difokuskan kepada
pengetahuan, kemahiran, dan sikap yang baru untuk dipelajari.
3)
Pemilihan Metode, Media dan Bahan
Heinich
et al. (2005) menyatakan ada tiga hal penting dalam pemilihan metode, bahan dan
media yaitu menentukan metode yang sesuai dengan tugas pembelajaran,
dilanjutkan dengan memilih media yang sesuai untuk melaksanakan media yang
dipilih, dan langkah terakhir adalah memilih dan atau mendesain media yang
telah ditentukan.
4)
Penggunaan Media dan bahan
Menurut
Heinich et al (2005) terdapat lima langkah bagi penggunaan media yang baik
yaitu, preview bahan, sediakan bahan, sedikan persekitaran, pelajar dan
pengalaman pembelajaran.
5)
Partisipasi Pelajar di dalam kelas
Sebelum
pelajar dinilai secara formal, pelajar perlu dilibatkan dalam aktivitas
pembelajaran seperti memecahkan masalah, simulasi, kuis atau presentasi.
6)
Penilaian dan Revisi
Sebuah
media pembelajaran yang telah siap perlu dinilai untuk menguji keberkesanan dan
impak pembelajaran. Penilaian yang dimaksud melibatkan beberapa aspek
diantaranya menilai pencapaian pelajar, pembelajaran yang dihasilkan, memilih
metode dan media, kualitas media, penggunaan guru dan penggunaan pelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar